Posted by : Anak Bawang Sunday, 3 March 2013

Anak bawang merupakan sebuah komunitas permainan tradisional. Bukan milik psikologi UNS, tetapi para penggeraknya kebanyakan mahasiswa psikologi UNS, hoho. Anak bawang mempunyai kegiatan rutin di hari minggu yaitu membuka stand permainan tradisional untuk dimainkan semua orang yang ingin bermain di kawasan CFD, Jalan Slamet Riyadi, Solo. 

Permainan yang disediakan beraneka macam, dari engklek (saya lebih familiar dengan nama ‘sunda manda’), egrang kayu/batok, lompat tali, dakon, malingan, kontrakol (kalau di purwokerto dikenal dengan nama ‘boy-boyan’), dam-daman, catur jawa Surakarta dll. 

Anak bawang bermain dengan semua orang, baik tua muda, laki-laki-perempuan, balita-anak-anak sampai dewasa juga, haha ;p

Beberapa kali anak bawang terlibat dalam acara-acara outbond, misalnya yang terakhir adalah outbond anak TK yang bekerja sama dengan Rumah Zakat. Kegiatan terbaru anak bawang adalah mengisi acara Baksos Dies Natalis UNS ke-37 di SD Kendal Rejo di Mojosongo, Surakarta (Fakultas Kedokteran sebagai pelaksananya).

Menurut saya, antusiasme anak-anak untuk bermain permainan tradisional masih tinggi. Mereka sangat tertarik ketika melihat papan catur jawa, dan sangat antusias ketika diajarkan cara membuat keris dari janur. Memang dari sekarang mereka harus dikenalkan dengan permainan-permainan tradisional karena jika tidak lambat laun permainan tradisional bisa punah dimakan ke-modern-an ;)

Aku bermain maka aku senang ;)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Kicau Anak Bawang

Powered by Blogger.

Tulisan populer

Tamu Anak Bawang

Copyright © Komunitas Anak Bawang| Desain: Alie Poedjakusuma