Posted by : Anak Bawang Wednesday, 1 May 2013

Seperti biasa, minggu pagi selalu saya habiskan di CFD bersama dengan teman-teman anak bawang. tak peduli betapa masih ngantuknya karena tidur diatas jam 2, rutinitas bermain ini selalu bisa memaksa saya untuk 'melek' dan bergegas pergi. 
 
Hari itu, saya berkenalan dengan seorang gadis kecil bernama Nanji. Awalnya dia hanya melihat stand kami dari boncengan neneknya (kalo ga salah, hehe ;p), tetapi ketika diajak turun dan ikut bermain, dia langsung bersedia. Apalagi sang nenek dengan setia menungguinya sambil duduk di halte.

Ketika ditanya mau main apa, dia menjawab ingin main engklek. Lalu saya dan teman-teman mencarikan 'gacuk' untuk bermain Nanji. Selama bermain Nanji terlihat antusias, dia berusaha melompat dari satu kotak ke kotak yang lain dengan baik, walau beberapa kali tidak sesuai aturan, Nanji mau mengulangi dan mau belajar. Bermain bersama anak kecil tidak membuat saya mengalah, saya tetap bermain dengan baik seperti jargon-nya anak bawang, saya bermain tapi tidak main-main ;)

Bermain engklek membutuhkan waktu yang cukup lama, dari kotak pertama sampai kotak ke-delapan, sampai harus melempar ke bulan (saya lebih suka menyebutnya parabola, hehe ;p) dan melemparnya keluar untuk mendapatkan bintang.
Tidak sekedar bermain dan bersenang-senang, tetapi sambil bermain kita juga dapat belajar. 
Nanji begitu bersemangat. tiga bintang ia dapat. Tak sia-sia jerih payahnya dalam melompat kesana kemari, jatuh pun ia lakoni, demi kemenangan yang begitu berarti eaaaaaa ;p

Saya ingat ketika Nanji melempar gacuk dia suka berteriak "BISA!!", saya tertawa saja tetapi dalam hati saya berkata "hebat, anak sekecil ini sudah bisa memotivasi dirinya sendiri untuk bisa mendapatkan keinginannya/mencapai harapannya."

Dari Nanji saya belajar tiga hal (yang harus kita miliki ketika sedang berjuang): satu, motivasi diri; dua, kerja keras; dan tiga, semangat pantang menyerah.

Delapan kotak yang harus dilewati dengan satu kaki diibaratkan kerja keras yang harus kita lakukan sehari-hari dalam hidup. Ketika kita mendapatkan bintang, kita boleh menjatuhkan kedua kaki kita diatasnya. Bintang itu layaknya hasil kerja keras yang dapat kita nikmati setelah bekerja keras. 
 
Setelah mendapatkan satu bintang, kita akan berusaha mendapatkan bintang berikutnya bukan? ya, bekerja keras tidak lantas berhenti ketika mendapatkan salah satu keinginan, Kita harus tetap berjuang untuk mendapatkan hal-hal lain yang masih kita harapkan untuk hidup lebih baik, dan lebih baik lagi ;)

Seperti saya tulis kemarin, dalam setiap permainan terkandung nilai-nilai yang dapat kita ambil manfaatnya. Tidak sekedar bermain dan bersenang-senang, tetapi sambil bermain kita juga dapat belajar. (Umayumie)
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Kicau Anak Bawang

Powered by Blogger.

Tulisan populer

Tamu Anak Bawang

Copyright © Komunitas Anak Bawang| Desain: Alie Poedjakusuma