Posted by : Anak Bawang Monday, 29 April 2013

Ular naga panjangnya bukan kepalang
menjalar-jalar selalu riang kemari
umpan yang lezat itulah yang dicari
ini dia-nya yang terbelakang
Pagi ini saya dan teman-teman anak bawang bermain lagi ke Colomadu, tepatnya ke TK Sudirman, Colomadu. Sebulan lalu mungkin, kami sudah pernah kesana untuk bermain bersama anak-anak manis itu, hehe ;)

Beberapa permainan tradisional kami perkenalkan. permainan yang kami mainkan disini adalah permainan tanpa alat seperti ular naga (di Solo dikenal dengan njuk tali njuk emping), sluku-sluku bathok, dan cublak-cublak suweng. Selain permainan tradisional kami juga memperkenalkan ice breaking ala-ala cah psikologi juga haha ;)

Adik-adik cukup antusias bermain bersama kami, mereka tersenyum, tertawa dan bergembira ketika bermain stasiun langsir, nyanyi bareng lagu jawa 'padang wulan' dan lebih-lebih ketika adik-adik sudah berlarian menghindari ular naga yang siap menangkap sang terbelakang, hohoho ;)

Bermain bersama anak TK selain menyenangkan juga membutuhkan kesabaran. Selain harus meberitahukan peraturan permainan dengan bahasa yang mereka mengerti, kita juga dituntut untuk sabar hehe ;) Beberapa dari anak-anak masih suka ngambek kalau keinginan mereka tidak terpenuhi walhasil ujung-ujungnya berantem deh ama temennya sendiri, bahkan berantem sama kembarannya juga, haha ;p

Anak-anak memang suka bermain. eits, jangan salah, bermain adalah salah satu bagian penting dalam proses perkembangan anak. Dengan bermain, anak-anak belajar bersosialisasi dengan teman sebaya, belajar menempatkan dirinya dalam posisi sederajat, belajar kejujuran, keadilan dan berbagai nilai-nilai yang terkandung dalam setiap permainan. So, biarkan anak-anak bermain, tetapi jagalah anak-anak dengan permainan yang mendukung perkembangannya, bukan permainan yang meracuni pikirannya dengan hal-hal negatif. Aku bermain maka aku senang! (Umayumie)
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Kicau Anak Bawang

Powered by Blogger.

Tulisan populer

Tamu Anak Bawang

Copyright © Komunitas Anak Bawang| Desain: Alie Poedjakusuma