Posted by : Anak Bawang Thursday, 6 February 2014

                 Sejak zaman dahulu kala, pohon kelapa sudah dikenal sebagai pohon yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari akar, batang, daun, kembang hingga buahnya dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Salah satu bagian dari pohon kelapa tersebut adalah janur, daun muda berwarna kekuningan bersemu kehijauan. Kegiatan merangkai janur adalah salah satu tradisi peninggalan nenek moyang kita yang hingga kini masih bertahan, khususnya bagi masyarakat di Tanah Jawa dan Pulau Dewata.
                Tahukah kalian, janur dapat dibuat menjadi permainan tradisional loh. salah satunya adalah keris-kerisan. Pada umumnya orang-orang jaman dahulu sangat terampil membuat keris-kerisan dari janur. Namun seiring perkembangan zaman, tidak banyak yang mewarisi keterampilan ini. Oleh karena itu agar keterampilan ini tetap lestari, yuk kita belajar membuat keris sendiri.

Langkah-langkah membuat keris dari janur
1.     siapkan 1 helai janur

2.   pisahkan helai daun dengan tulang daun (lidi) dengan menggunakan cutter atau kuku. Jangan pisahkan seluruhnya, sisakan ±15-20 cm dibagian pangkal daun. Nantinya akan digunakan sebagai pegangan

3.    posisikan seperti pada gambar. Setelah ini kita akan mulai menganyam. Yang perlu diperhatikan sebelum menganyam adalah selalu kerjakan helai daun bagian depan terlebih dahulu

4.   ambil helai daun bagian depan, tarik ke belakang dan lipat ke samping sehingga membentuk setengah segitiga. Ambil helai daun bagian belakang, tarik ke depan dan lipat ke samping kiri menutupi segitiga yang terbentuk tadi.

5.    Ambil helai daun bagian depan, tarik ke belakang dan lipat ke atas. Sejajarkan helai daun dengan batang lidi sehingga membentuk setengah segitiga seperti pada gambar. Ambil helai daun bagian belakang, tarik ke depan dan lipat ke atas untuk menutupi segitiga yang terbentuk tadi.

6.    Selanjutnya sama seperti langkah ke 4. Kerjakan helai daun bagian depan terlebih dahulu. Jika langkah yang dilakukan sudah benar, akan tampak seperti gambar.

7.   Ulangi langkah ke 5. Setelahnya lakukan langkah ke 4 lagi. Pola akan berulang terus-menerus. Kerjakan hingga ujung daun.

8.     Jika sudah sampai ujung daun, ikat kedua helai daun agar anyaman tidak terlepas

9.      Selesai! Selamat bermain ^^

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. wahhh kereenn, ide yang kreatif..
    terima kasih untuk info dan tutornya, bisa diterapin di rumah.
    jangan lupa kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com yaa

    ReplyDelete

Kicau Anak Bawang

Powered by Blogger.

Tulisan populer

Tamu Anak Bawang

Copyright © Komunitas Anak Bawang| Desain: Alie Poedjakusuma