Posted by : Anak Bawang Friday, 26 September 2014

Siapa tidak kenal permainan ular tangga?
Ular tangga adalah permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah "tangga" atau "ular" yang menghubungkannya dengan kotak lain. Permainan ini diciptakan pada tahun 1870 (wikipedia.org).

Permainan ini biasanya dilakukan dengan memutar dadu dan menggerakkan bidak sesuai dengan jumlah pada dadu yang dilempar. Namun, di tangan Komunitas Anak Bawang, permainan ini dikembangkan menjadi ular tangga raksasa yang menggunakan bidak manusia dan berisi kotak-kotak dengan tugas yang berkaitan dengan permainan tradisional. Ular tangga ini dinamakan dengan Jumanji Anak Bawang.

Lantas, bagaimana bentuk dan cara memainkannya?

 jumanji anak bawang


Cara memainkannya:

1.        Sebelum memainkannya, semua anak akan melakukan hompimpah untuk menentukan urutan bermain
2.        Setiap anak akan melempar dadu sesuai dengan urutannya
3.        Anak akan berjalan sesuai dengan jumlah dadu yang terlihat saat dilempar
4.        Harus diperhatikan arah jalannya, angka-angkanya, dan garis hitam sebagai batas dan petunjuk jalan
5.        Tiap-tiap kotak akan berisi bermacam-macam tugas yang harus dilaksanakan oleh anak
a.    Ada kotak kosong yang berarti anak tidak akan melakukan tugas apa pun
b.    Ada kotak yang berisi pertanyaan tentang nama dan cara memainkan beberapa permainan tradisional
c.    Ada kotak yang berisi tentang tembang dolanan yang harus dinyanyikan oleh anak
d.   Ada kotak yang berisi tentang permainan tradisional yang mana anak-anak harus memainkannya secara bersama-sama dengan semua pemain jumanji
e.    Ada kotak yang berisi ular di mana anak akan mendapat bonus untuk naik ke kotak yang lebih tinggi dan kotak yang lebih rendah
6.        Tugas-tugas dalam masing-masing kotak tersebut harus dilaksanakan oleh anak-anak. Jika ada anak yang gagal untuk melaksanakan tugasnya, maka ia harus berhenti dalam 1x putaran permainan
7.        Jika ada anak yang berhenti pada kotak yang sama, maka anak yang sudah berhenti di kotak tersebut, harus memulai lagi permainannya dari awal (mulai dari kotak nomor 1)
8.        Jika ada yang berhasil melempar dadu dan berhenti di dadu 6, anak tidak akan melempar lagi. Jadi kesempatan anak tetap 1x melempar meskipun ia mampu mencapai dadu 6
9.        Anak yang berhasil mencapai kotak di tengah dengan logo anak bawang dinyatakan menang dan bisa keluar dari permainan. Sedangkan anak-anak yang lain harus tetap melanjutkan permainannya sampai selesai
10.    Permainan akan berakhir saat anak semua anak telah berhasil mencapai tengah 



Dan bagi teman-teman yang ingin mencetak, memainkan, menggunakannya sebagai bahan penelitian, Komunitas Anak Bawang akan sangat berterima kasih. Kabar kami untuk hasilnya ya.

File corel (.CDR), dapat diunduh di sini.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Kicau Anak Bawang

Powered by Blogger.

Tulisan populer

Tamu Anak Bawang

Copyright © Komunitas Anak Bawang| Desain: Alie Poedjakusuma